Tips Sehat Membuahkan Pahala Selama Puasa Ramadhan


Bulan Ramadhan telah tiba, di mana seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa, menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam, selama sebulan penuh. Walaupun begitu, puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tentu jika dijalankan dengan cara yang sehat pula.

Berpuasa di siang hari tidak lantas menjadikan tubuh menjadi lesu. Pola makan yang berubah selama Bulan Puasa harus disiasati dengan benar agar tubuh tetap sehat dan bugar dalam menjalankan aktifitas di siang hari.

Pastikan selama menjalankan Puasa, meninggalkan hal-hal yang membatalkan puasa dan hal-hal yang mengurangi Pahala Puasa. Seperti, berbohong, menggunjing, adu domba, sumpah palsu dan melihat dengan syahwat.

Terlebih lagi, setelah melewati Ramadhan, selain menjadi lebih dekat kepada Allah, kita juga menjadi individu yang lebih sehat dan bertaqwa daripada sebelumnya.

Berikut adalah beberapa Tips sehat membuahkan pahala selama Bulan Puasa Ramadhan:

  1. Atur waktu sahur untuk beribadah kepada Allah swt, dengan mengerjakan sholat tahajud, sholat hajat dan sholat sunah lainnya. Dan menyantap sahur di akhir waktu. Selain berguna untuk menunjang puasa anda di siang hari, makan sahur di akhir waktu lebih diutamakan berdasarkan sunnah Rasul.
  2. Akhiri santap sahur dengan segelas susu untuk melengkapi nutrisi tubuh anda. Minumlah suplemen ataupun multivitamin yang biasa anda konsumsi ataupun yang disarankan oleh dokter anda.
  3. Usahakan setelah sahur atau selesai berbuka puasa untuk menyuci gelas, piring yang kotor, atau perabotan-perabotan lainnya. Sehingga pada waktu berpuasa tidak ada tanggungan membersihkannya.
  4. Usahakan sholat wajib tepat waktu, terutama pada saat sholat subuh. Dari sahur di akhir waktu, jarak waktu dengan subuh sangatlah tidak panjang. Jadi biasakan setelah sahur untuk tidak langsung tidur. Bisa langsung pergi ke Masjid atau kalau waktu memungkinkan tadarus al-Qur’an sampai adzan subuh berkumandang.
  5. Setelah subuh, biasakan membaca al-Qur’an 2 lembar di tambah surat pilihan (QS. Yasin). Kemudian beristirahat sebentar, agar pada saat menjalankan aktivitas/kerja kondisi tubuh tetap vit sehat dan bugar.
  6. Pasang alarm, agar bangun tepat waktu. Lakukanlah beraktivitas seperti biasanya. Niatkanlah aktivitas sehari-hari untuk beribadah dan mencari nafkah. Jangan malas-malasan atau mogok kerja dan lain sebagainya.
  7. Jangan lupa sholat duhur tepat waktu, kemudian membaca al-Qur’an dua lembar, kemudian istirahat beberapa menit untuk menghilangkan kepenatan dan kelelahan seharian bekerja. Kemudian beraktifitas kembali.
  8. Sholat asar tepat waktu, kemudian membaca al-Qur’an 2 lembar. Setelah selesai sholat asar, mempersiapkan menu/belanja untuk masak keperluan takjil dan berbuka puasa. Sehingga pada saat waktunya bisa menyegerakan berbuka puasa.
  9. Pada saat menyambut sholat maghrip, pergilah ke masjid sebelum waktunya. Karena di masjid biasanya ada pengajian sore, ikutilah. Selain mendapat ilmu juga mendapat rezeki dan keberkahan, dari jamaah yang menyediakan takjil atau memberi makanan pada orang-orang yang berpuasa.
  10. Makanlah dengan porsi normal, jangan berlebihan agar pada saat Tarawih bisa lebih khusyuk. Hindari minuman yang dingin dengan bahan pengawet. Kalau memang ingin minuman dingin, pilihlah Juice Buah yang kalian sukai karena itu lebih alami. Hindari juga makan gorengan berlebihan, serta batasi makanan yang pedas, agar perut tidak menjadi mules dan mengganggu pencernaan tubuh anda pada saat Tarawih.
  11. Fokuslah untuk sholat Isya’, sholat sunah Tarawih dan tadarus al-Qur’an. Jagalah agar tubuh tetap vit, setelah sholat isya’ dan Tarawih untuk minum, makan buah-buahan dan camilan yang cukup.
  12. Setelah itu foqus untuk menghatamkan al-qur’an 1 Juz dalam 1 hari setelah Tarawih. Bila kita membaca al-Qur’an 2 lembar setiap selesai Sholat wajib seharian (Subuh, Dhuhur dan Asar), maka sisa Al-Qur’an yang kita baca setelah Tarawih adalah 4 lembar (untuk Maghrib dan Isya’). Atau ditambah dengan membaca surat-surat khusus, seperti QS. Al-Waqi’ah dan QS. Al-Hasr.
  13. Cukupi asupan air tubuh anda. Usahakan untuk meminum setidaknya lima gelas air putih sebelum tidur. Dan jangan lupa berdo’a.

Dengan menjalankan tips-tips sehat di atas, semoga puasa kita semua menjadi lebih lancar, hikmat, sehat dan juga berpahala. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s